Asyik.. Berkat Apkasindo Anak Petani Sawit di Inhu Bisa Kuliah Gratis

Asyik.. Berkat Apkasindo Anak Petani Sawit di Inhu Bisa Kuliah Gratis
Ilustrasi
RENGAT -  Anak petani kelapa sawit kembali dapat kesempatan untuk mengikuti kuliah gratis. Bahkan kesempatan mendaftar sudah dapat dimulai saat ini hingga tanggal 16 Agustus 2017 mendatang.
 
Hal ini sebagai bentuk kepedulian Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo) kepada masa depan anak petani kelapa sawit.
 
"Pendaftaran bisa dilakukan di DPD Apkasindo Inhu hingga tangggal 16 Agustus 2017 mendatang," ujar Ketua DPD Apkasindo Kabupaten Inhu Emi Rosadi SP. 
 
Menurutnya, kesempatan kuliah gratis tersebut tidak hanya kepada anak petani kelapa sawit. Namun juga kepada anak buruh kebun kelapa sawit.
 
Sementara dana beasiswa yang diberikan dalam bentuk kuliah gratis ini diberikan oleh Badan Pengelola Dana Kelapa Sawit (BPDP-KS). 
 
"Pendaftaran tidak batasi untuk anak petani kelapa sawit saja, namun juga kesempatan ini kita buka untuk anak buruh kebun kelapa sawit," ungkap pria yang dikenal ramah ini.
 
Sebagai salah satu syarat utama untuk proses pendaftaran ini yakni setiap pendaftar harus memiliki surat pernyataan yang menyatakan bahwa pendaftar merupakan anak petani kelapa sawit atau anak buruh tani sawit. Pernyataan itu juga harus diketahui oleh kepala desa setempat. Hal ini guna menghindari manipulasi data pendaftar.
 
Setelah melengkapi syarat, pendaftar bisa mengirimkan berkas itu ke sekretariat DPD Apkasindo Inhu di Kelurahan Pematang Reba Kecamatan Rengat Barat. Sementara itu, untuk kuota pendaftaran tidak ada batasan yang khusus.
 
Oleh karena itu pihaknya menampung sebanyak-banyaknya pendaftar. "Untuk penentuan lulus atau tidak lulusnya itu berdasarkan rangking setelah melalui sejumlah tes yang dilakukan," sebutnya.
 
Setelah melalui seleksi, para peserta akan mengikuti tes tertulis yang rencananya akan dilaksanakan pada jelang akhir Agustus ini. Dimana peserra yang dinyatakan lulus nantinya akan dikuliahkan di Instiper Yogyakarta dan di Politeknik Kelapa Sawit Citra Widya Edukasi (CWE) di Bogor. Namun sebelumnya, para peserta juga harus menjalani tes wawancara yang dilakukan oleh Apkasindo.
 
 
Sumber: swarainhu
Editor: redaksi

#Pendidikan

Index

Berita Lainnya

Index